Dengan Apa Anda Berbuka Puasa

Dengan Apa Anda Berbuka Puasa.... ?

عن أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ: "كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ، فَعَلَى تَمَرَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Dari Anas bin Malik dia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasanya berbuka puasa dengan beberapa ruthab (korma mengkal) sebelum shalat (Maghrib), jika tidak ada ruthab, maka dia beruka dengan korma, jika tidak ada korma, maka dia minum beberapa teguk air.” (HR. Abu Daud)

Faidah hadits:

1. Sunah mengawali berbuka puasa dengan ruthab, jika tidak ada, dengan kurma, jika tidak ada, dengan air putih. Perkara setelah itu mengkonsumsi makanan lain, tidak masalah. 

2. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berbuka puasa dengan makanan yang ringan, sederhana namun menyehatkan sesuai dengan kondisi orang yang sedang berbuka puasa. 

3. Ungkapan Anas bin Malik bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berbuka dengan ruthab sebelum shalat dipahami bahwa beliau segera shalat setelah melakukan ta’jil. Jangan lalaikan shalat karena berbuka puasa, usahakan tetap melakukannya berjamaah bagi laki2. 

Selamat berbuka puasa….


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dengan Apa Anda Berbuka Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel