40 Niat Membaca Al-Qur'an

*COPAS*



*SUBHANALLAH*



Menghadirkan *40 Niat Sekaligus* Dalam Tilawah Qur'an✅



Bismillaah....



Jazakumullah khairan telah mengingatkan saya dengan suplemen tambahan dari Syeikh Ali Shallabi:



كَثِيْرٌ مِنْ إِخْوَانِنَا الْمُسْلِمِيْنَ لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ إِلَّا بِقَصْدِ الثَّوَابِ وَالْأَجْرِ، وَقَصُرَ عِلْمُهُ عَنْ عَظِيْمِ نَفْعِ الْقُرْآنِ، وَأَنَّهُ كُلَّمَا قَرَأَ الْقُرْآنَ بِنِيَّةٍ نَالَ فَضْلَهَا، كَمَا قَالَ النَّبِيُّ ﷺ : «إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى ... اَلْحَدِيْثَ» [متفق عليه]



Banyak diantara saudara-saudara kita kaum muslimin, dia tidak membaca Al-Qur'an kecuali dengan maksud untuk mendapatkan pahala dan ganjaran dikarenakan minimnya pengetahuan mereka tentang betapa besarnya manfaat dari Al-Qur'an.



Sesungguhnya setiap kali seseorang membaca Al-Qur'an dengan niat tertentu, maka akan mengalir keutamaannya. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam:



«Sesungguhnya setiap amal tergantung pada niat-niatnya. Dan sesungguhnya amal perbuatan seseorang tergantung pada apa yang ia niatkan … al-hadits».(muttafaqun ‘alaih).



فَالْقُرْآنُ مَنْهَجُ حَيَاةٍ، وَالنِّيَّةُ تِجَارَةُ الْعُلَمَاءِ، فَمِنْ هَذَا الْمَبْدَأِ وَالْمُنْطَلَقِ، أَرَدْتُ أَنْ أُذَكِّرَ نَفْسِيْ وَإِخْوَانِيْ بِبَعْضِ النَّوَايَا عِنْدَ الْقِرَاءَةِ، وَمِنْهَا:



Al-Qur'an adalah pedoman hidup, dan niat adalah transaksinya orang  berilmu. Dengan landasan dan titik tolak ini, saya ingin mengingatkan diri sendiri dan saudara-saudaraku dengan berbagai niat yangg dapat dihadirkan ketika kita membaca Al-Qur'an, diantaranya:



1 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِأَجْلِ الْعِلْمِ وَالْعَمَلِ بِهِ.



1. Saya membaca Al-Qur'an, demi mengetahui dan mengamalkan isinya.



2 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ الْهِدَايَةِ مِنَ اللهِ



2. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan mendapatkan hidayah dari Allah Ta'ala.



٣ - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ مُنَاجَاةِ اللهِ تعالى



3. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan bermunajat kepada Allah.



٤ - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ الاِسْتِشْفَاءِ بِهِ مِنَ الْأَمْرَاضِ الظَّاهِرَةِ وَالْبَاطِنَةِ.



4. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan menjadikan Al-Qur’an sebagai obat atas penyakit-penyakit lahir dan batin.



٥ - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ أَنْ يُخْرِجَنِيَ اللهُ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ.



5. Saya membaca Al-Qur'an, dengan maksud agar Allah Ta'ala mengeluarkanku dari berbagaikegelapan menuju cahaya.



6 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِأَنَّهُ عِلَاج ٌلِقَسْوَةِ الْقَلْبِ، فَفِيْهِ طُمَأْنِيْنَةُ الْقَلْبِ، وَحَيَاتُهُ، وَعِمَارَتُهُ.



6. Saya membaca Al-Qur'an, karena ia adalah pengobatan bagi hati yang keras. Sebab, pada Al-Qur’an terdapat ketenangan hati, hidupnya hati dankemakmuran hati.



7 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ أَنَّ الْقُرْآنَ مَأْدُبَةُ اللهِ تَعَالَى.



7. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan merasakan bahwa Al-Qur'an merupakan jamuan atau hidanganAllah Ta'ala.



8 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى لَا أُكْتَبَ مِنَ الْغَافِلِيْنَ وَأَكُوْنَ مِنَ الذَّاكِرِيْنَ.



8. Saya membaca Al-Qur'an, sehingga saya tidak tercatat sebagai orang-orangyang lalai dan agar saya termasuk orang-orang yang berdzikir



9 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ زِيَادَةِ الْيَقِيْنِ وَالْإِيْمَانِ بِاللهِ.



9. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan menambah iman dan keyakinan kepada Allah Ta'ala



10 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ الاِمْتِثَالِ لِأَمْرِ اللهِ تَعَالَى بِالتَّرْتِيْلِ.



10. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan memenuhi perintah Allah SWT agar kita men-tartil Al-Qur’an.



11 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِلثَّوَابِ، حَتَّى يَكُوْنَ لِيْ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرُ حَسَنَاتٍ، وَاللهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ.



11. Saya membaca Al-Qur'an, untuk mendapatkan pahala, sehingga saya bisa meraih 10 kebaikan dari setiap huruf, dan Allah akan melipat gandakannya bagi siapa saja yang Dia kehendaki



12 -  أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى أَنَالَ شَفَاعَةَ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.



12. Saya membaca Al-Qur'an, hingga saya mendapatkan syafa'at Al-Qur'anul Karim di hari kiamat kelak



13 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ اتِّبَاعِ وَصِيَّةِ النَّبِىِّ ﷺ.



13. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan mengikuti wasiat Nabi shallallahu 'alihi wa sallam



14 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى يَرْفَعَنِيَ اللهُ بِهِ، وَيَرْفَعَ بِهِ الْأُمَّةَ.



14. Saya membaca Al-Qur'an, hingga Allah meninggikan derajat saya dan dengannya derajat umat ini juga menjadi tinggi



15 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى أَرْتَقِيَ فِيْ دَرَجَاتِ الْجَنَّةِ، وَأُلْبَسَ تَاجَ الْوَقَارِ، وَيُكْسَى وَالِدَايَ بِحُلَّتَيْنِ لَا يَقُوْمُ لَهُمَا فِي الدُّنْيَا.



15. Saya membaca Al-Qur'an, hingga saya menaiki derajat-derajat surga, dipakaikan kepada saya mahkota, dan juga dipakaikan kepada kedua orang tua saya dua pakaian mewah yang tidak pernah mereka kenakan sewaktu didunia.



16 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ التَّقَرُّبِ إِلَى اللهِ بِكَلَامِهِ.



16. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan taqarrub mepada Allah melalui kalam-Nya



17 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى أَكُوْنَ مِنْ أَهْلِ اللهِ وَخَاصَّتِهِ.



17. Saya membaca Al-Qur'an, hingga saya menjadi ahlullah wa khassatihi (keluarga Allah dan orang-orang khash di sisi-Nya)



18 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ أَنَّ الْمَاهِرَ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ.



18. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan bahwa orang yang mahirdengan Al-Qur'an, ia akan bersamapara malaikat safaratil kiramim bararah (malaikat-malaikat utusan khusus Allah yang mulia nan berbakti).



19 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ النَّجَاةِ مِنَ النَّارِ وَمِنْ عَذَابِ اللهِ.



19. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan agar selamat dari api neraka dandari adzab Allah



20 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى أَكُوْنَ فِيْ مَعِيَّةِ اللهِ تَعَالَى.



20. Saya membaca Al-Qur'an, hingga saya berada dalam maiyyatullah (kebersamaan dengan Allah)



21 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى لَا أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ.



21. Saya membaca Al-Qur'an, hingga saya tidak dikembalikan kepada usia yang paling hina (pikun).



22 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى يَكُوْنَ حُجَّةً لِيْ لَا عَلَيَّ.



22. Saya membaca Al-Qur'an, sehingga ia menjadi pembela saya bukan yang menuntut/mencelakakan saya



23 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ أَنَّ النَّظَرَ فِي الْمُصْحَفِ عِبَادَةٌ.



23. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan bahwa memandang mushaf adalah ibadah



24 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى تُنَزَّلَ عَلَيَّ السَّكِيْنَةُ، وَتَغْشَانِيَ الرَّحْمَةُ، وَيَذْكُرَنِيَ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ.



24. Saya membaca Al-Qur'an, hingga turun kepada saya ketenangan, dan saya diliputi rahmat dan Allahmenyebut saya sebagai orang yang berada bersamaNya



25 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ بِقَصْدِ الْحُصُوْلِ عَلَى الْخَيْرِيَّةِ وَالْفَضْلِ عِنْدَ اللهِ.



25. Saya membaca Al-Qur'an, dengan tujuan mendapatkan kebaikan dan keutamaan disisi Allah Ta'ala



26 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى يَكُوْنَ رِيْحِيْ طَيِّبًا كَالْمِسْكِ.



26. Saya membaca Al-Qur'an, agar saya beraroma baik seperti misik.



27 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى لَا أَضِلَّ فِي الدُّنْيَا وَلَا أَشْقَى فِي الْآخِرَةِ.



27. Saya membaca Al-Qur'an, hingga saya tidak tersesat di dunia dan tidak sengsara di akhirat



28 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِأَنَّ اللهَ يُجَلِّيَ بِهِ الْأَحْزَانَ، وَيُذْهِبَ بِهِ الْهُمُوْمَ وَالْغُمُوْمَ.



28. Saya membaca Al-Qur'an, karena dengannya Allah mengangkat kesedihan-kesedihan serta menghilangkan resah dan gelisah(segala bentuk kegalauan).



29 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِيَكُوْنَ أَنِيْسِيْ فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا لِيْ عَلَى الصِّرَاطِ، وَهَادِيًا لِيْ فِي الدُّنْيَا، وَسَائِقًا لِيْ إِلَى الْجَنَّةِ.



29. Saya membaca Al-Qur'an, agar dia menjadi teman dekat saya di dalam kubur, dan cahaya bagi saya diatas jalan shirath (jembatan penyeberangan menuju surge yang terbentang di atas neraka), menjadi petunjuk bagi saya di dunia dan penuntun menuju surga



30 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِيُرَبِيَنِيَ اللهُ، وَيُؤَدِّبَنِي بِالْأَخْلَاقِ الَّتِيْ تَحَلَى بِهَا الرَسُوْلُ ﷺ.



30. Saya membaca Al-Qur'an, agar Allah mendidik saya, mengajarkan akhlak yang menjadi hiasan diri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam



31 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِأُشْغِلَ نَفْسِيْ بِالْحَقِّ حَتَّى لَا تُشْغِلَنِي بِالْبَاطِلِ.



31. Saya membaca Al-Qur'an, agar jiwa saya sibuk dengan kebenaran sehingga kebatilan tidak menyibukan saya



32 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِمُجَاهَدَةِ النَّفْسِ وَالشَّيْطَانِ وَالْهَوَى.



32. Saya membaca Al-Qur'an, untuk menempa diri, melawan setan dan hawa nafsu



33 - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِيَجْعَلَ اللهُ بَيْنِي وَبَيْنَ الْكَافِرِيْنَ حِجَابًا مَسْتُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ.



33. Saya membaca Al-Qur'an, agar Allah menjadikan penghalang sebagai penutup antara saya dengan orang kafir di hari akhir kelak



٣٤-  أَقْرَأُ الْقُرْآنَ ثُمَّ أُبَلِّغَ مِنْهُ وَلَوْ آيَة ًكَمَا أَمَرَنَا بِذَلِكَ الْحَبِيْبُ الْمُصْطَفَى ﷺ



34. Saya membaca Al-Qur'an, kemudian menyampaikannya walau hanya satu ayat sebagaimana diperintahkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam



٣٥ - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِأَدْعُوَ أُمَّتِىْ لِلْعَمَلِ بِهِ وَبِأَحْكَامِهِ



35. Saya membaca Al-Qur'an, agar saya berdakwah kepada umat untuk mengamalkan isi dan hukum-hukumnya



٣٦ - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِتَزْدَادَ مَعْرِفَتِي بِدِيْنِي



36. Saya membaca Al-Qur'an, agar bertambah pengetahuan saya tentang agama saya



٣٧ - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ حَتَّى أَتَقَرَّبَ إِلَى اللهِ بِكَلَامِهِ



37. Saya membaca Al-Qur'an, untuk mendekatkan diri kepada-Nya melalui kalam-Nya.



٣٨ - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِأَعْرِفَ مِنْهُ أَحْوَالَ الْأُمَمِ السَّابِقَةِ 



38. Saya membaca Al-Qur'an, agar saya tahu darinya kondisi umat-umatterdahulu



٣٩ - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِكَيْلَا أَكُوْنَ مِمَّنْ هَجَرَهُ



39. Saya membaca Al-Qur'an, agar tidak termasuk orang-orang yang nyuekin Al-Qur’an.



٤٠ - أَقْرَأُ الْقُرْآنَ لِأَنَّهُ لَا يَخْلَقُ مِنْ كَثْرَةِ الرَّدِّ



40. Saya membaca Al-Qur'an, karena iatidak pernah usang, meskipun diulang-ulang.



فَهَيَّا لِنَكُوْنَ مِنْ أَهْلِ الْقُرْآنِ، وَهَذِهِ هِيَ التِّجَارَةُ مَعَ اللهِ اَلْمَضْمُوْنَةُ الرَّابِحَةُ، وَالَّتِيْ يُعْطِي اللهُ عَلَيْهَا مِنْ فَضْلِهِ الْكَرِيْمِ، وَعَطَائِهِ الَّذِيْ لَا يَنْفَدُ.



Marilah kita menjadi ahlul Qur'an. Dan ini adalah bisnis kita dengan Allah yangmengandung keuntungan yang Allah berikan karena keutamannya yang mulia dan pemberiannya yang  tidak pernah ada habisnya.



Semoga bermanfaat🙏


jenguk juga dong link ini:

http://musyafa.com/menghadirkan-40-niat-dalam-membaca-al-quran/


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "40 Niat Membaca Al-Qur'an "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel