Memahami Kedudukan Doa Iftitah dalam Shalat

๐Ÿƒ๐ŸŒธ Kedudukan Doa Iftitah (Istiftah)๐ŸŒธ๐Ÿƒ

(Pertanyaan beberapa orang)

โ–ซ๏ธโ–ช๏ธโ–ซ๏ธโ–ช๏ธโ–ซ๏ธโ–ช๏ธโ–ซ๏ธโ–ช๏ธโ–ซ๏ธโ–ช๏ธ

Doa iftitah yaitu doa di awal shalat setelah takbiratul ihram sebelum membaca Al Fatihah.

Tertulis dalam Al Mausuโ€™ah:

 ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ุฐู‘ููƒู’ุฑู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุชูุจู’ุฏูŽุฃู ุจูู‡ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุจููŠุฑู. ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ูŠูู‚ูŽุงู„ ู„ูŽู‡ู: ุฏูุนูŽุงุกู ุงู„ุงูุณู’ุชููู’ุชูŽุงุญู. ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุณูู…ู‘ููŠูŽ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ู„ุฃูู†ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ ู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู„ูู‡ู ุงู„ู’ู…ูุตูŽู„ู‘ููŠ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุจููŠุฑูุŒ ููŽู‡ููˆูŽ ูŠูŽูู’ุชูŽุชูุญู ุจูู‡ู ุตูŽู„ุงูŽุชูŽู‡ูุŒ ุฃูŽูŠู’ ูŠูŽุจู’ุฏูŽุคูู‡ูŽุง ุจูู‡ู.

  Itu adalah dzikir yang dengannya dimulai shalat, (dibaca) setelah takbir. Ada pula yang mengatakan: dia dinamakan istiftah karena itu adalah ucapan pertama yang dilakukan orang yang shalat setelah takbir, dengan itu dia membuka shalatnya, yaitu memulainya. (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 4/474)

  Kadang diistilahkan dengan IFTITAH, dan inilah yang tenar di negeri kita. Tapi yang biasa digunakan fuqaha adalah Istiftah. Berikut ini keterangannya:

ูŠูุนูŽุจู‘ูุฑู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุจูŽุนู’ุถู ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู ุฃูŽูŠู’ุถู‹ุง ุจูุฏูุนูŽุงุกู ุงู„ุงูุณู’ุชููู’ุชูŽุงุญูุŒ ูˆูŽุจูุงู„ุงููู’ุชูุชูŽุงุญูุŒ ูˆูŽุจูุฏูุนูŽุงุกู ุงู„ุงููู’ุชูุชูŽุงุญู. ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุฃู’ูŽูƒู’ุซูŽุฑูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ: ุงู„ุงูุณู’ุชููู’ุชูŽุงุญู

  Sebagian ahli fiqih menyebut doa istiftah dengan IFTITAH dan DOA IFTITAH, hanya saja mayoritas ahli fiqih menyebut: ISTIFTAH. (Ibid)

  Jadi, Istiftah dan iftitah adalah doa istilah yang berbeda untuk aktifitas yang sama. Maka sama saja Anda mau menyebutnya apa.

Bagaimana kedudukannya dalam shalat? Tidak sedikit orang bertanya, bolehkah meninggalkannya baik dalam shalat berjamaah, sendiri, wajib, atau sunnah?

Kita lihat dulu kedudukannya menurut penjelasan para ulama kita.

1.  Hukumnya SUNNAH.

Dengan kata lain, tidak apa-apa jika ditinggalkan di semua shalat, tidak berdosa dan shalat tetap sah. Namun, dia meninggalkan sunnah. Ini adalah pendapat mayoritas ulama.

Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah mengatakan:

ุงู„ูุงุณู’ุชููู’ุชูŽุงุญู ุนูŽู‚ูุจูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุจููŠุฑู ู…ูŽุณู’ู†ููˆู†ูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ุงู„ู’ุฃูŽุฆูู…ู‘ูŽุฉูุŒ ูƒูŽุฃูŽุจููŠ ุญูŽู†ููŠููŽุฉูŽ ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ู ูˆูŽุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ. ูƒูŽู…ูŽุง ุซูŽุจูŽุชูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซู ุงู„ุตู‘ูŽุญููŠุญูŽุฉู

  Membaca istiftah setelah takbir adalah  sunah menurut mayoritas imam, seperti Abu Hanifah, Asy Syafiโ€™iy, dan Ahmad. Sebagaimana hal itu telah  kuat berdasarkan hadits-hadits shahih. (Al Fatawa Al Kubra, 2/165)

Imam Abul Muzhaffar Yahya bin Hubairah Rahimahullah berkata:

ูˆูŽุฃูŽุฌู’ู…ุนููˆุง ุนู„ู‰ ุฃูŽู† ุฏูุนูŽุงุก ุงู„ุงุณุชูุชุงุญ ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉ ู…ุณู†ูˆู†. ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽุงู„ูƒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจูุณู†ุฉ.

Mereka telah ijmaโ€™ (sepakat) bahwa doa istiftah itu sunnah dalam shalat, KECUALI menurut Imam Malik, dia berkata: โ€œBukan sunnah.โ€ (Ikhtilaf Al Aimmah Al Ulama, 1/107)

       Dalam Al Mausuโ€™ah disebutkan:

ู‚ูŽุงู„ ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู: ุงู„ุงูุณู’ุชููู’ุชูŽุงุญู ุณูู†ู‘ูŽุฉูŒ ...

Mayoritas ulama mengatakan doa istiftah adalah sunnah. (Al Mausuah, 4/48)

2.  Tidak sunnah alias tidak ada doa iftiftah

Syaikh Abdurrahman Al Jaziriy Rahimahullah mengatakan:

ุฏุนุงุก ุงู„ุงูุชุชุงุญ ุณู†ุฉ ุนู†ุฏ ุซู„ุงุซุฉ ู…ู† ุงู„ุฃุฆู…ุฉุŒ ูˆุฎุงู„ู ุงู„ู…ุงู„ูƒูŠุฉ. ูู‚ุงู„ูˆุง: ุงู„ู…ุดู‡ูˆุฑ ุฃู†ู‡ ู…ูƒุฑูˆู‡. ูˆุจุนุถู‡ู… ูŠู‚ูˆู„: ุจู„ ู‡ูˆ ู…ู†ุฏูˆุจ

Doa iftitah itu sunnah menurut tiga imam, namun Malikiyah menyelisihinya. Mereka mengatakan: yang terkenal (dikalangan Malikiyah) itu adalah MAKRUH. Sebagian mereka (Malikiyah) mengatakan: bahkan itu mandub (sunnah). (Al Fiqhu โ€˜alal Madzahib Al Arbaโ€™ah, 1/231)

Alasan mereka adalah karena para sahabat Nabi ๏ทบ tidak membacanya. Disebutkan oleh Syaikh Al Jaziriy:

ูŠูƒุฑู‡ ุงู„ุฅุชูŠุงู† ุจุฏุนุงุก ุงู„ุงูุชุชุงุญ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุดู‡ูˆุฑุŒ ู„ุนู…ู„ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุนู„ู‰ ุชุฑูƒู‡

Dimakruhkan membaca iftitah menurut pendapat yang terkenal (dari Malikiyah), berdasarkan perbuatan sahabat yang meninggalkan hal itu. (Ibid)

Dalam kitab Al Mudawanah, kitab yang mengumpulkan fatwa-fatwa Imam Malik, Ibnul Qasim berkata:

ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูŽุงู„ููƒูŒ ู„ูŽุง ูŠูŽุฑูŽู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ูˆูŽุจูุญูŽู…ู’ุฏููƒูŽ ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงุณู’ู…ููƒูŽ ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุฌูŽุฏู‘ููƒูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุฅู„ูŽู‡ูŽ ุบูŽูŠู’ุฑููƒูŽ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ุฑูููู‡ูุŒ ุงุจู’ู†ู ูˆูŽู‡ู’ุจู ุนูŽู†ู’ ุณููู’ูŠูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ู ุนููŠูŽูŠู’ู†ูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽูŠู‘ููˆุจูŽ ุนูŽู†ู’ ู‚ูŽุชูŽุงุฏูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุฏูุนูŽุงู…ูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ - ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ - ูˆูŽุฃูŽุจูŽุง ุจูŽูƒู’ุฑู ูˆูŽุนูู…ูŽุฑูŽ ูˆูŽุนูุซู’ู…ูŽุงู†ูŽ ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽูู’ุชูŽุชูุญููˆู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูŽ ุจูุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ.
ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุงู„ููƒูŒ: ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽูˆูŽุฑูŽุงุกูŽ ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู‡ููˆูŽ ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฅู…ูŽุงู…ู‹ุง ููŽู„ูŽุง ูŠูŽู‚ูู„ู’: ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ูˆูŽุจูุญูŽู…ู’ุฏููƒูŽ ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงุณู’ู…ููƒูŽ ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุฌูŽุฏู‘ููƒูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุฅู„ูŽู‡ูŽ ุบูŽูŠู’ุฑููƒูŽ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ูŠููƒูŽุจู‘ูุฑููˆุง ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูุจู’ุชูŽุฏูŽุกููˆุง ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉูŽ

Imam Malik tidaklah berpendapat adanya bacaan yang diucapkan manusia: โ€œSubhanakallahumma wa bihamdika tabarakasmuka wa taโ€™ala jadduka wa laa ilaaha ghairukโ€, Dia tidak mengenal doa ini.
Ibnu Wahb, dari Sufyan bin โ€˜Uyainah, dari Ayyub, dari Qatadah bin Diโ€™aamah, dari Anas bin Malik bahwa Nabi ๏ทบ, Abu Bakar, Umar, dan Utsman, bahwa mereka membuka shalatya dengan membaca Alhamdulilahi rabbil โ€˜alamin (Baca Al Fatihah).
Ibnu Qasim berkata: Berkata Malik: โ€œSiapa yang dibelakang imam, shalat sendiri, dan orang yang jadi imam, JANGANLAH membaca โ€œSubhanakallahumma wa bihamdika tabarakasmuka wa taโ€™ala jadduka wa laa ilaaha ghairukโ€, tetapi hendaknya mereka bertakbir kemudian mereka memulai dengan membaca Al Quran.

(Lihat Al Mudawanah 1/161)

Sementara itu, kita dapati riwayat bahwa Imam Malik juga menganjurkan bacaan iftitah tapi sebelum takbiratul ihram. Berikut ini keterangannya:

ูˆูŽุนูŽู†ู’ ู…ูŽุงู„ููƒู ู†ูŽุฏู’ุจู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ูŽุง - ุฃูŽูŠู’ ู‚ูŽุจู’ู„ ุชูŽูƒู’ุจููŠุฑูŽุฉู ุงู„ุฅู’ูุญู’ุฑูŽุงู…ู -: ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ูˆูŽุจูุญูŽู…ู’ุฏููƒูŽ. . . ุฅูู„ูŽุฎู’ุŒ ูˆูŽุฌู‘ูŽู‡ู’ุชู ูˆูŽุฌู’ู‡ููŠ. . . ุฅูู„ูŽุฎู’ุŒ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุจูŽุงุนูุฏู’. . . ุฅูู„ูŽุฎู’. ู‚ูŽุงู„ ุงุจู’ู†ู ุญูŽุจููŠุจู: ูŠูŽู‚ููˆู„ูู‡ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุฅู’ูู‚ูŽุงู…ูŽุฉู ูˆูŽู‚ูŽุจู’ู„ ุงู„ุฅู’ูุญู’ุฑูŽุงู…ู. ู‚ูŽุงู„ ูููŠ ุงู„ู’ุจูŽูŠูŽุงู†ู: ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุญูŽุณูŽู†ูŒ

  Dari Imam Malik bahwasanya anjuran bacaan itu adalah sebelumnya โ€“yaitu sebelum takbiratul ihram: โ€œSubhanakallahumma wa bihamdika .. dst, wajjahtu wajhiya ...dst, Allahumma Baaโ€™id ..dst. Ibnu Habib berkata: โ€œMembacanya adalah setelah iqamah sebelum takbiratul ihram.โ€ Dia berkata dalam Al Bayan: โ€œItu bagus.โ€ (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyah Al Kuwaityah, 4/48)

3.  WAJIB

Ini pendapat minoritas, yaitu salah satu riwayat dari Imam Ahmad dan sebagian pengikutnya (Hanabilah/Hambaliyah).

Imam Ibnu Taimiyah berkata tentang Imam Ahmad:

ูˆูŽูููŠ ู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจูู‡ู ู‚ูŽูˆู’ู„ูŒ ุขุฎูŽุฑู ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑูู‡ู ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ูุงุณู’ุชููู’ุชูŽุงุญูŽ ูˆูŽุงุฌูุจูŒ

Dalam madzhabnya (Imam Ahmad) ada perkataan lain yang disebutkan sebagian mereka (pengikut Imam Ahmad) bahwa ada riwayat darinya (Imam Ahmad) bahwa istiftah adalah WAJIB.  (Al Fatawa Al Kubra, 2/165)

Dalam Al Mausuโ€™ah tertulis:

ูˆูŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽุชู’ ุทูŽุงุฆูููŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ุฅู’ูู…ูŽุงู…ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ูˆูุฌููˆุจู ุงู„ุฐู‘ููƒู’ุฑู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู‡ููˆูŽ ุซูŽู†ูŽุงุกูŒุŒ ูƒูŽุงู„ุงูุณู’ุชููู’ุชูŽุงุญู ุจูู†ูŽุญู’ูˆู " ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ูˆูŽุจูุญูŽู…ู’ุฏููƒูŽ. . . " ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงุฎู’ุชููŠูŽุงุฑู ุงุจู’ู†ู ุจูŽุทู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูุŒ ูˆูŽุฐููƒูุฑูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ

Segolongan pengikut Imam Ahmad berpendapat WAJIB-nya dzikir berupa pujian seperti ISTIFTAH, โ€œSubhanakallahumma wa bihamdika ..โ€ Ini dipilih oleh Ibnu Baththah dan lainnya, dan disebutkannya hal ini sebagai satu riwayat dari Imam Ahmad. (Al Mausuโ€™ah, 4/48)

Dari semua pendapat ini. Pendapat yang mengatakan sunnah, yaitu mayoritas ulama, adalah pendapat yang kami pilih berdasarkan hadits-hadits yang begitu banyak.

Lalu, Bagaimanakah bacaannya? Insya Allah akan disampaikan dalam edisi selanjutnya.

Demikain. Wallahu Aโ€™lam


๐Ÿ“™๐Ÿ“˜๐Ÿ“•๐Ÿ“’๐Ÿ“”๐Ÿ““๐Ÿ“—

๐Ÿ–‹ Farid Nu'man Hasan
๐Ÿ”ˆ Join Channel: bit.ly/1Tu7OaC
๐Ÿ…ฟ๏ธ Fanpage: https://facebook.com/ustadzfaridnuman
โ„๏ธ Kunjungi website resmi: alfahmu.id


Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memahami Kedudukan Doa Iftitah dalam Shalat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel