Memahami Hukum Pajak Penyedia Jasa Online

Pajak Penyedia Jasa Online

Ustadz Menjawab
Hari/Tanggal: Kamis, 24 Januari 2019
Ustadz : Farid Nu'man Hasan, Ss

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Ustadz... Mohon penjelasan hukum bekerja di tempat penyedia jasa online pembayaran pajak bagi perusahaan-perusahaan hukumnya apa dalam Syariat Islam

I_11



Jawaban
=========

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Bismillahirrahmanirrahim...

Pajak yang adil (Adh Dharibah Al 'Aadilah) adalah BOLEH menurut 4 madzhab. 

Syaikh Al Qaradhawi Hafizhahullah berkata:

ูู‚ู‡ุงุก ู…ู† ุงู„ู…ุฐุงู‡ุจ ุงู„ุฃุฑุจุนุฉ ูŠุฌูŠุฒูˆู† ุงู„ุถุฑุงุฆุจ ุงู„ุนุงุฏู„ุฉ:ูˆุจุนุฏ ุฃู† ูู†ุฏู†ุง ูƒู„ ุงู„ุดุจู‡ุงุช ุงู„ุชูŠ ูŠุชู…ุณูƒ ุจู‡ุง ู…ุนุงุฑุถูˆ ุดุฑุนูŠุฉ ุงู„ุถุฑุงุฆุจ ุงู„ุนุงุฏู„ุฉ، ูŠุญุณู† ุจู†ุง -ู„ุชุฃูƒูŠุฏ ู…ุง ุจูŠَّู†ุงู‡ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูุตู„- ุฃู† ู†ุฐูƒุฑ ุฃู† ุงู„ูู‚ู‡ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠ ู‚ุฏ ุนุฑู ุถุฑุงุฆุจ ุบูŠุฑ ุงู„ุฒูƒุงุฉ، ุฃุนู†ูŠ ุถุฑุงุฆุจ ุนุงุฏู„ุฉ ุฃู‚ุฑู‡ุง ุฌู…ุงุนุฉ ู…ู† ูู‚ู‡ุงุก ุงู„ู…ุฐุงู‡ุจ ุงู„ู…ุชุจูˆุนุฉ، ูƒู…ุง ุนุฑููˆุง ุงู„ุถุฑุงุฆุจ ุบูŠุฑ ุงู„ุนุงุฏู„ุฉ، ูˆุฑุชุจูˆุง ุนู„ูŠู‡ุง ุฃุญูƒุงู…ًุง.ู„ูƒู†ู‡ู… ู„ู… ูŠุทู„ู‚ูˆุง ุนู„ู‰ ู‡ุฐู‡ ูˆุชู„ูƒ ุงุณู… "ุงู„ุถุฑุงุฆุจ" ุจู„ ุณู…ุงู‡ุง ุจุนุถ ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ู…ู† ุงู„ู…ุงู„ูƒูŠุฉ: "ุงู„ูˆุธุงุฆู" ุฃูˆ "ุงู„ุฎุฑุงุฌ". ูˆุณู…ุงู‡ุง ุจุนุถ ุงู„ุญู†ููŠุฉ: " ุงู„ู†ูˆุงุฆุจ " -ุฌู…ุน ู†ุงุฆุจุฉ- ูˆู‡ู‰ ุฃุณู… ู„ู…ุง ูŠู†ูˆุจ ุงู„ูุฑุฏ ู…ู† ุฌู‡ุฉ ุงู„ุณู„ุทุงู†، ุจุญู‚ ุฃูˆ ุจุงุทู„ .ูˆุณู…ุงู‡ุง ุจุนุถ ุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉ: "ุงู„ูƒู„ู ุงู„ุณู„ุทุงู†ูŠุฉ" ุฃูŠ ุงู„ุชูƒู„ูŠูุงุช ุงู„ู…ุงู„ูŠุฉ ุงู„ุชูŠ ูŠُู„ุฒู… ุจู‡ุง ุงู„ุณู„ุทุงู† ุฑุนูŠุชู‡ ุฃูˆ ุทุงุฆูุฉ ู…ู†ู‡ู….

Ahli Fiqih Madzhab Empat Membolehkan Pajak Yang Adil

Setelah kita bantah semua syubhat yang dijadikan pegangan pihak yang menentang digunakannya sistem pajak yang adil, ada baiknya untuk memperkuat keterangan kita dalam bagian ini, kita katakab bahwa fiqih Islam telah mengenal pajak-pajak selain zakat, yakni pajak yang adil yang telah ditetapkan jamaah ahli fiqih dari madzhab-madzhab yang dianut sebagaimana mereka juga telah mengatahui pajak-pajak yang tdk adil dan menetapkan hukum-hukumnya. Akan tetapi para ahli fiqih itu memang tidak mengistilahkannya dengan nama "pajak", tetapi sebagian ahli fiqih Maliki menamakannya dengan wazha-if atau kharraj. Sebagaian Hanafi menyebut  nawa-ib, jamak dari naaibah, yaitu nama bagi sesuatu yang menggantikan seseorang dr pihak sultan dengan sesuatu yang hak atau batil. Sebagian pengikut Hambali menamakannya dgn Kalf as Sulthaniyah, yaitu beban harta yg diwajibkan sultan trhadap rakyatnya atau kepada sebagian dari mereka." (Fiqhuz Zakah, 2/428)

Kalau pajak boleh, maka menjadi penyedia jasa layanan online pajak juga tidak masalah. Selama memang pajak itu adil. Jika zalim dan mencekik, maka itu terlarang. 

Wallahu a'lam.

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

Dipersembahkan oleh: manis.id

๐Ÿ“ฑ Info & pendaftaran member: bit.ly/mediamanis

๐Ÿ’ฐDonasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
a.n Yayasan MANIS, 
No Rek BSM 7113816637

Info lebih lanjut: bit.ly/donasidakwahmanis

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memahami Hukum Pajak Penyedia Jasa Online "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel