Istana Kontroversial, (Salah-satu) Penyebab Kebangkrutan Khilafah Turki Utsmani

Istana Kontroversial, (Salah-satu) Penyebab Kebangkrutan Khilafah Turki Utsmani 

Pintu gerbang Istana (sarayı) Dolmabahçe ini difoto tahun 1864 sekitar delapan tahun sejak selesai dibangun atas perintah Sultan Abdülmecid I. Pembangunannya yang memakan waktu antara 1843-1856 ditujukan sebagai pengganti permanen tempat tinggal keluarga sultan di Topkapı Sarayı sejak era Abad Pertengahan. ⚠️ Ada semacam "rasa minder" pada keluarga sultan jika kedatangan tamu-tamu Eropa. Elit istana Turki Utsmani merasa kalah prestisius dibandingkan dengan istana raja-raja Eropa pada awal abad ke-19 yang dianggap lebih mewah dengan fasilitas yang lengkap. 

Lokasi yang dipilih oleh Sultan Abdülmecid I adalah dengan merobohkan Istana Beşiktaş Sahil di tepi barat Selat Bosphorus. Sultan mengangkat Hacı Said Ağa sebagai pimpinan proyek pembangunannya. Ia menunjuk Garabet Balyan dan anaknya, Nigoğayos Balyan, serta Evanis Kalfa sebagai arsitek pembangunannya. Mereka inj berasal dari keluarga Balyan berdarah Armenia 🇦🇲 yang bekerja sebagai tim arsitek istana. ⚠️ Lihat sekilas daftar era arsitek* Turki Utsmani.

Kontroversi pembiayaan pembangunan adalah yang paling menarik perhatian. Pembangunan Dolmabahçe Sarayı menelan 5 juta Lira Emas Turki Utsmani yaitu sekitar 35 ton emas. Jika dikonversi ke mata uang USD tahun 2013 adalah tidak kurang dari  $1.5 milyar. Jumlah fantastis ini diperkirakan menyedot 1/4 pendapatan pajak tahunan kekhilafahan. 

Pada realitanya pembangunan ini dibiayai melalui taktik "debasement" dengan mengurangi nilai (presentasi kadar logam mulia) mata uang emas tersebut untuk mendapatkan jumlah nominal yang lebih besar. Selain itu, pembiayaan juga diperoleh melalui penerbitan uang kertas serta pinjaman (utang) luar negeri yang tentu saja berbunga. ⚠️ Pembiayaan yang begitu besar menjadi beban tersendiri bagi kas negara sehingga mendorong terpuruknya keuangan kekhilafahan.

Kesulitan ekonomi pada penghujung abad ke-19, beratnya utang negara, serta tidak kompetennya para pengelola anggaran secara keseluruhan memaksa Turki Utsmani terpaksa mengumumkan "default" karena likuiditas kekhilafahan tidak lagi mampu untuk membayar utangnya pada bulan Oktober 1875. Tidak lama setelah itu, Turki Utsmani dipaksa menerima berdirinya konsorsium keuangan negara-negara Eropa. ⚠️ Badan ini memiliki otoritas penuh pada anggaran keuangan kekhilafahan secara sah pada tahun 1881. Konsorsium didirikan untuk mencegah kerugian lebih lanjut pada pemberi utang.

Sejak tahun itu Kekhilafahan Turki Utsmani dijuluki "the sick man of Europe" karena negara-negara Eropa melihatnya sebagai pesakitan. ⚠️ Walau bukan satu-satunya faktor, namun pendirian istana ini turut menjadi penyebab melemahnya kekhilafahan. 

Agung Waspodo, itulah mengapa saya tidak, atau belum mau, mengajak rombongan Napak Tilasnya mengunjungi istana ini, cukup melambaikan rasa sedih dari jauh. 

Depok, 20 Ramadhan 1439 Hijriyah
4 Juni 2018
---
*Daftar Arsitek Turki Utsmani:

Periode Bursa 1299-1437
Era Klasikal 1437-1703: Mimar Sinan 
Era Tulip 1703-1757: masuknya pengaruh Eropa, khususnya Perancis dengan gaya Baroque dan Rococo
Era Baroque 1757-1808: Mimar Tahir
Era Imperial 1808-1876: Keluarga Balyan dan Fossati
Periode Akhir 1876-1922


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Istana Kontroversial, (Salah-satu) Penyebab Kebangkrutan Khilafah Turki Utsmani "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel